PERILAKU
KONSUMEN
Nama
: Tri Ayu Widianingsih
Kelas
: 3EA26
Npm
: 17212445
Dosen
: Ririn Yulianti
Tugas
(pertemuan 1 softskill)
Program
Sarjana Ekonomi
Universitas
Gunadarma
2014
1.
Apa yang dimaksud
dengan perilaku konsumen?
Jawab :
Perilaku konsumen adalah proses
dan aktivitas
ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian,
penggunaan,
serta pengevaluasian
produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Perilaku konsumen merupakan
hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang
berharga jual rendah (low-involvement)
proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah,
sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan
yang matang.
2.
Pemikiran yang benar
tentang konsumen
Jawab :
Dengan
memahami sikap konsumen dalam menghadapi
sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide
dengan lebih cepat dan efektif. Ketiga
pendekatan pada latar belakang diatas sama-sama
memiliki nilai dan tinggi dan memberikan
pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi
marketing dari sudut pandang dan tingkatan
analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan
dapat saja menggunakan salah satu atau
seluruh pendekatan, tergantung permasalahan yang
dihadapi perusahaan tersebut.
·
Konsumen adalah RAJA
·
Motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui
penelitian.
·
Perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan
persuasif yang menghadapi konsumen secara serius sebagai pihak yang berkuasa
dan dengan maksud tertentu.
·
Bujukkan dan pengaruh konsumen memiliki hasil yang
menguntungkan secara sosial asalkan pengamanan hukum, etika, dan moral berada
pada tempatnya untuk mengekang upaya manipulasi.
Bila ke empat premis ini diabaikan, konsekuensinya hampir
selalu negatif.
3.
Penelitian konsumen
sebagai suatu bidang yang dinamis
Jawab :
Dalam kegitan ekonomi
tentu kita sering mengenal kata konsumen. Konsumen mempunyai keputusan untuk
memiliki barang yang hendak dibeli. Dalam perilaku konsumen kita dapat
mengetahui bagaimana cara konsumen memilih barang yang menjadi pilihan
konsumen.
Penelitian Konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis yakni bahwa konsumen memiliki sifat berbeda-beda. Bahkan seorang konsumen dapat berganti selera sesuai pola pikir, daya beli, maupun rasa maka hal yang berubah dalam perilaku konsumen itu merupakan hal yang wajar. Maka dari itu kedinamisan yang ada dari perilaku konsumen harus disesuaikan oleh para produsen yang wajib menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menghasilkan barang.
Penelitian Konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis yakni bahwa konsumen memiliki sifat berbeda-beda. Bahkan seorang konsumen dapat berganti selera sesuai pola pikir, daya beli, maupun rasa maka hal yang berubah dalam perilaku konsumen itu merupakan hal yang wajar. Maka dari itu kedinamisan yang ada dari perilaku konsumen harus disesuaikan oleh para produsen yang wajib menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menghasilkan barang.
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar